Jumat, 08 Maret 2013

Pesona Wisata Air Terjun Madakaripura Probolinggo Jawa Timur

air terjun madakaripura

Pesona dan keindahan Air Terjun Madakaripura tidak kalah dengan keindahan Gunung Bromo maupun kemegahan puncak paling tinggi di jawa, yaitu Gunung Semeru, tentunya telah tidak asing lagi untuk anda. Bukan sekedar di puncak gunung, keindahan alam juga dapat anda saksikan di kaki gunung tersebut.


Apabila berkesempatan berwisata ke Gunung Bromo, janganlah lupa singgah ke air terjun Madakaripura.  Air terjun ini ada didalam lokasi Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru yang menawarkan keindahan panorama yang  menakjubkan. Lokasi air terjun Madakaripura tidak terlampau jauh dari lokasi obyek wisata Gunung Bromo, yaitu di desa sapih, kec lumbang Kapupaten Probolinggo. jaraknya sekira 3 jam dari Surabaya dengan berkendara .

Air terjun Madakaripura sebagai area meditasi paling akhir patih gajah mada dari kerajaan majapahit yang populer dengan sumpah palapanya, Air terjun yang menjulang tinggi ini dijuluki air terjun abadi dikarenakan sejak jaman dahulu  selalu mencurahkan tirai air halus seperti hujan.
lokasi air terjun menawan ini tersembunyi di ujung lembah yang didalam di kaki bukit pegunungan Tengger. Anda butuh jalan sekira 20 menit menyeberangi sungai serta jalur berbatu untuk mencapai lokasi air terjun.

walau cukup jauh, suguhan panorama yang hijau indah di kanan kiri jalur menuju  air terjun adalah hiburan tersendiri yang bisa melenyapkan rasa capek. Patung Besar Patih Majapahit, Gajah Mada didalam posisi duduk meditasi seakan menyapa tiap-tiap pengunjung sebelum meneruskan perjalanan lebih jauh ke pusat lokasi air terjun.

Jalur yang dapat anda lewati untuk menuju air terjun ini  berakhir di sesuatu lembah berupa layaknya tabung di mana terdapat air terjun berketinggian 200 mtr. Terlihat gagah menjulang. Air terjun Madakaripura dijuluki sebagai air terjun paling tinggi di jawa serta air terjun paling tinggi ke-2 di Indonesia .
Dikelilingi oleh tembok berupa tebing batu yang tinggi, dan debit air terjun madakaripura yang jatuh memukau siapapun yang melihatnya. didalam area berketinggian 200 mtr. Pesona cahaya matahari yang menyoroti lumut hijau basah di dinding berbatu dibarengi nada gemuruh air yaitu sesuatu keindahan tontonan yang mustahil ditemukan di area lain.

Sebagai area yang penting dengan historis, sakral, serta situasi  dan kondisi alam yang memukau, Air terjun Madakaripura adalah salah satu obyek wisata utama di Jawa Timur selain berwisata ke Gunung Bromo